BAB 1 Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Selamat ya, kalian sekarang sudah duduk di kelas IX. Ini berarti, kalian
tinggal satu tahun lagi belajar di jenjang SMP/MTs. Kesuksesan itu sangat
tergantung dari usaha kalian, terutama dalam mengatasi berbagai tantangan
dan rintangan yang akan kalian hadapi di kelas IX. Oleh karena itu, kita harus
bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat yang telah
dianugerahkan kepada kita semua. Hal itu dapat kita lakukan dengan berusaha
meningkatkan kuantitas dan kualitas belajar, serta jangan lupa senantiasa
berdoa dengan sungguh-sungguh setiap akan memulai dan mengakhiri
aktivitas sehari-hari termasuk kegiatan pembelajaran.
Pada awal pembelajaran PPKn di kelas IX, kalian akan diajak untuk
mempelajari materi tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa. Setelah mempelajari materi bab ini,
diharapkan kalian mempunyai keyakinan yang tinggi akan keberadaan
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.
Keyakinan tersebut ditandai dengan dimilikinya pengetahuan dan keterampilan
kalian dalam: 1) mendeskripsikan perkembangan pengamalan Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa; 2) mendeskripsikan dinamika
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman; 3) mengidentifikasi
perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman dalam
berbagai kehidupan.
Nah, untuk memahami materi pembelajaran pada bab ini, kalian harus
senantiasa menjaga semangat belajar kalian dengan tekun, disiplin, serta
mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Oleh
karena itu, sebelum mempelajari materi ini, mari kita menyanyikan lagu wajib
nasional berikut ini bersama-sama.
Bab 1
2 Kelas IX SMP/MTs
Garuda Pancasila
Ciptaan: Sudharnoto
Garuda Pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot Proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju
A. Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa
Perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara telah dilaksanakan
sejak masa awal kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, dan masa Reformasi
sampai sekarang.
1. Masa Awal Kemerdekaan (1945-1959)
Pada periode ini, penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup menghadapi berbagai masalah. Ada upaya-upaya untuk mengganti
Pancasila sebagai dasar negara dan penyimpangan terhadap nilai-nilai
Pancasila. Upaya-upaya tersebut, di antaranya sebagai berikut.
a. Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun pada tanggal
18 September 1948. Pemberontakan ini dipimpin oleh Muso
b. Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia dipimpin oleh
Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo. Pemberontakan ini ditandai dengan
didirikannya Negara Islam Indonesia (NII) oleh Kartosuwiryo pada tanggal
7 Agustus 1949
c. Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS). Republik Maluku Selatan
(RMS) merupakan sebuah gerakan separatisme dipimpin oleh Christian
Robert Steven Soumokil
d. Pemerintah Revolusioner
Republik Indonesia (PRRI)
atau Perjuangan Rakyat
Semesta (Permesta) yang
dipimpin oleh Sjarifuddin
Prawiranegara dan Ventje
Sumual tahun 1957-1958
di Sumatra dan Sulawesi
e. APRA (Angkatan Perang Ratu Adil). Angkatan Perang Ratu Adil
merupakan milisi yang didirikan oleh Kapten KNIL Raymond Westerling
pada tanggal 15 Januari 1949
f. Perubahan bentuk negara dari Republik Indonesia Serikat menjadi Negara
Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan konstitusi yang berlaku adalah
Undang-Undang Dasar Sementara 1950. Dalam perjalanannya berhasil
melaksanakan pemilu pertama di Indonesia pada tahun 1955 yang selama
itu dianggap paling demokratis. Tetapi anggota Konstituante hasil pemilu tidak dapat menyusun Undang-Undang Dasar seperti yang diharapkan. Hal
ini menimbulkan krisis politik, ekonomi, dan keamanan, yang menyebabkan
Pemerintah mengeluarkan Dekrit Presiden 1959. Dekrit tersebut dikenal
dengan Dekrit 5 Juli 1959 yang berisi: membubarkan Badan Konstituante;
Undang-Undang Dasar Tahun 1945 berlaku kembali dan Undang-Undang
Dasar Sementara Tahun 1950 tidak berlaku; serta segera akan dibentuk
MPRS dan DPAS. Pada periode ini, dasar negara tetap Pancasila. Akan
tetapi, dalam penerapannya lebih diarahkan seperti ideologi liberal yang
ternyata tidak menjamin stabilitas pemerintahan.
2. Masa Orde Lama (1959-1966)
Periode ini dikenal sebagai periode demokrasi terpimpin. Demokrasi
terpimpin merupakan sebuah sistem demokrasi yang seluruh keputusan dan
pemikiran dalam pemerintahan negara, berpusat pada pemimpin negara.
Pemimpin negara saat itu adalah Presiden Soekarno
Beberapa penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945,
di antaranya sebagai berikut.
a. Presiden Soekarno ditetapkan sebagai Presiden seumur hidup berdasarkan
TAP MPRS No. XX/1963, yang menyebabkan kekuasaan presiden
semakin besar dan tidak terbatas.
b. Presiden mengeluarkan penetapan Presiden No. 3/1960 tanggal 5 Maret
1960 yang membubarkan DPR hasil Pemilu 1955.
c. Presiden membentuk MPRS yang anggota-anggotanya terdiri atas
anggota DPR-GR, utusan daerah, dan utusan golongan yang semuanya
diangkat serta diberhentikan oleh presiden
3. Masa Orde Baru
Pada masa pemerintahan
Orde Baru, pembangunan nasional dapat dilaksanakan secara bertahap dan
berkesinambungan melalui Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita)
dan Program Pembangunan yang tertuang di dalam Garis-garis Besar Haluan
Negara (GBHN). Hal tersebut menjadikan pembangunan nasional tumbuh
dengan pesat di segala bidang kehidupan.
4. Masa Reformasi (1998 - sekarang)
Cita-cita bangsa dan negara Indonesia dalam mewujudkan
masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945, harus selalu menjadi semangat untuk
mencapainya. Maka, diperlukan komitmen bersama seluruh rakyat Indonesia
untuk mempertahankan serta melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari di segala aspek kehidupan
Bacalah berita di bawah ini.
Merajut Keberagaman di Kampung Pancasila
Harmoni kerukunan antarumat beragama di Desa Balun sudah ada
sejak lama dan terus terpelihara hingga saat ini. Kepala Desa Balun,
Sudarjo, mengatakan, pada tahun 1990-an, saat gencarnya penataran
Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4), Desa Balun
menjadi percontohan untuk pelaksanaan program pemerintah itu. Dan
sejak saat itulah Desa Balun dikenal dengan julukan Kampung Pancasila.
Desa Balun yang memiliki wilayah seluas 621,103 hektar itu
berpenduduk 4.730 jiwa dari 1.234 keluarga. Hingga saat ini, penduduk
Desa Balun tercatat terdiri dari 3.780 pemeluk Islam, 688 beragama Kristen,
dan 282 penganut Hindu. Dalam kehidupan sehari-hari, warga Balun tidak
tinggal secara berkelompok berdasarkan agama, tetapi bercampur menjadi
satu.
Di Desa Balun, tiga agama yang berkembang, yaitu Islam, Kristen,
dan Hindu memiliki tempat ibadah yang saling berdekatan satu sama lain.
Di sebelah barat lapangan desa, berdiri Masjid Miftahul Huda berarsitektur
Timur Tengah dengan nuansa hijau dan kuning. Di selatan masjid, terdapat
Pura Sweta Maha Suci yang berasitektur Bali. Dan sekitar 70 meter di
depan Masjid Miftahul Huda atau di timur lapangan desa, terdapat Gereja
Kristen Jawi Wetan. Meskipun tempat ibadah berada dalam satu area,
namun warga Balun saling menghargai agama yang dianut masing-masing
warga.
Kerukunan tidak hanya tergambar dalam bangunan rumah ibadah
yang bertetangga. Kegiatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat,
seperti kerja bakti dan peringatan hari besar nasional juga dilakukan
bersama tanpa membedakan aliran kepercayaan. Demikian juga saat ada
aktivitas di salah satu tempat ibadah. Ketika Ramadhan, umat Islam yang
tadarus membaca Al Quran di Masjid dengan pengeras suara hanya sampai
pukul 22.00 agar tidak mengganggu umat lain. Umat Hindu tanpa diminta
mengubah sendiri jadwal sembahyangnya. Kalau biasanya dilakukan
sekitar pukul 19.00, selama bulan puasa jadwalnya diubah sebelum
maghrib. Saat umat muslim sholat Ied, umat lain ikut membantu mengatur
parkir dan menjaga ketenangan.
Tugas Mandiri 1.2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 13
Ketika Natal, banser ikut membantu polisi bersama umat Hindu
menjaga keamanan. Saat Nyepi, umat lain tidak berisik saat keluar rumah
dan hanya keluar seperlunya.
Warga Desa Balun yang merasakan nyamannya hidup dengan
kerukunan antarumat beragama pun, berusaha menjaga kedamaian tersebut.
Hal ini dibuktikan dengan adanya kesepakatan yang dideklarasikan pada
tanggal 17 Juni 1998 antarwarga di Desa Balun. Kesepakatan ini bertujuan
agar seluruh warga Desa Balun mampu menjaga dan mengembangkan
kerukunan serta toleransi antarumat beragama.
(sumber:http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/09/02/merajutkeberagaman-
di-kampung-pancasila/)
Setelah kamu membaca berita tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Apa yang melatarbelakangi terbentuknya kampung Pancasila?
...............................................................................................................
...............................................................................................................
2. Apa tujuan dibentuknya kampung Pancasila?
...............................................................................................................
...............................................................................................................
3. Siapa yang terlibat dalam pembentukan kampung Pancasila?
...............................................................................................................
...............................................................................................................
4. Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan warga kampung Pancasila
agar tercipta harmoni dalam keberagaman kampung Pancasila?
...............................................................................................................
...............................................................................................................
5. Bagaimana upaya yang dapat kalian lakukan untuk mencontoh
pembentukan kampung Pancasila?
...............................................................................................................
...............................................................................................................
...............................................................................................................
0 Comments